• Loading...

    Artikel Terbaru

    Ketabahan Cermin Ketangguhan Diri

    Ketabahan adalah kemampuan seseorang untuk menyikapi dan menjalani sesuatu secara sabar. Ketabahan adalah kekuatan hati dan mental seseorang untuk menerima kesulitan ataupun sesuatu yang tidak diinginkannya dengan lapang dada. Ketabahan adalah kemampuan seseorang untuk menerima kenyataan hidup yang sebenarnya tidak ia inginkan. Ketabahan adalah keteguhan seseorang untuk tetap bertahan dan menjalani hidup dengan sebaik-baiknya, meskipun kenyataan hidup yang dihadapi nya terasa pahit dan menyakitkan. Ketabahan adalah cermin ketangguhan dan ketegaran diri. Karenanya ketabahan akan selalu terkait erat dengan sifat kesabaran dan ketawakkalan kepada Alloh SWT. Bahkan tidak berlebihan jika dinyatakan bahwa ketabahan adalah buah dari kesabaran dan ketawakkalan.

    Dalam Alqur’an Alloh memang telah memerintahkan manusia untuk senantiasa mengembangkan sikap sabar dan tawakkal dalam menjalani seluruh proses kehidupan, agar terwujud pribadi-pribadi yang tabah, tangguh, dan tegar. Karena dengan bertawakkal kepada Alloh, seseorang akan selalu merasa mempunyai sandaran dan pegangan hidup. Dengan bertawakkal kepada Alloh SWT, seseorang tidak akan pernah merasa cemas, takut dan khawatir, karena ia yaqin bahwa Alloh pasti akan mencukupkan dan menyelesaikan segala urusannya. Dengan bertawakkal kepada Alloh SWT, seseorang tidak akan pernah dihinggapi kecewa, rasa putus asa, dan patah semangat. Dengan bertawakkal kepada Alloh seseorang akan senantiasa tabah dan tegar dalam menjalani kesulitan-kesulitan hidup. Alloh telah menjajikan:
    وَيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُۚ وَمَن يَتَوَكَّلۡ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسۡبُهُۥٓۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمۡرِهِۦۚ قَدۡ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَيۡءٖ قَدۡرٗا ٣
    Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. “(Ath-Tholaq: 3)

    Realita hidup sehari-hari menunjukkan kepada kita betapa orang-orang yang mampu menghadapi segala kesulitan dan cobaan hidup dengan tabah iscaya ia akan mampu melalui segala kesulitan dan cobaan itu dengan baik. Orang yang mampu menghadapi kesulitan dan cobaan hidup itu justru akan berubah menjadi kebaikan, karena dengan sikap tabahnya itu ia akan menjadi pribadi yang matang dan dewasa. Bahkan orang yang mampu bersikap tabah dalam menghadapi pahitnya kesulitan dan cobaan hidup, Alloh telah menjajikan untuknya sejuta kemudahan dan keindahan. Alloh berfirman:
     فَإِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرًا ٥ إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرٗا ٦
    Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Al-insyiroh 5-6)

    Tabahlah dalam menghadapi segala kesulitan dan cobaan, karena ketabahan adalah cerminan dari kuat dan tangguhnya kepribadian. Orang akan menghargai anda bukan dari hasil Akhir Anda dalam menghadapi kesulitan dan cobaan, tetapi dari kesabaran, ketabahan, dan ketegaran Anda dalam melalui kesulitan dan cobaan. Karena itulah Alloh sangat menyukai orang-orang yang tabah, tangguh, dan tegar. Rosululloh SAW bersabda: orang mukmin yang kuat (jasmani-rohani) lebih disukai oleh Alloh SWT dibandingkan dengan orang mukmin yang lemah (jasmani-rohani). Karena itu teguhkanlah dirimu dalam setiap kebaikan yang akan memberi manfaat. Mohonlah pertolongan Alloh dan janganlah engkau menjadi orang yang lemah. Jika engkau ditimpa suatu kesulitan, janganlah engkau mengatakan “seandainya berbuat begini dan begitu, niscaya akhirnya akan begini dan begitu. Tetapi katakanlah “ semuanya telah ditakdirkan oleh Alloh. Apapun yang dikehendakiNya, niscaya Dia akan melaksanakan nya. Karena perkataan “seandainya aku” akan membuka jalan bagi capur tangan syetan. (HR Muslim)

    Dari hadist diatas memberikan isyarat bahwa apabila mengalami suatu musibah dan cobaan, maka sudah seharusnya berpasrah, bersabar dan bertawakkal kepada Alloh SWT, karena sikap inilah yang membawa kebaikan.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Comment

    Artikel Terbaru

    Beauty

    Total Tayangan Halaman

    Travel